Rabu, 24 Juli 2013

Photoshop Tutorial Text Realistik

Photoshop Tutorial: Teks Realistis pada Rumput Kotor
Bermain dengan teks atau kumpulan huruf dengan photoshop adalah hal yang sangat menyenangkan. Banyak sekali efek-efek yang bisa kita terapkan pada teks dengan photoshop. Seperti contoh pada tutorial photoshop kali ini, kita akan mencoba menerapkan sebuah teks (berupa logo) kedalam sebuah kondisi rumput yang kotor. Di dalam tutorial ini kita akan belajar bagaimana membuat tekstur rumput, membuat kondisi debu/tanah yang acak dan mengaplikasikan teks secara realistis kedalamnya. Ok langsung saja kita mulai tutorialnya.

STEP 1
Buat dokumen baru di photoshop, kemudian buat sebuah layer baru di atas layer background dan beri nama layer dengan 'rumput'. Isi layer rumput dengan warna hijau menggunakan Paint Bucket Tool.

STEP 2
Pilih layer rumput, kemudian pada menu bar pilih Filter>Noise>Add Noise. Atur nilai Amount sebesr 30 %. Di bagian Distribution, pilih Gaussian dan jangan lupa conteng tanda Check list pada Monochromatic.

STEP 3
Kita akan menambah sedikit kondisi acak untuk rumput yang akan kita buat. Pilih layer rumput, kemudian pada Menu Bar pilih FIlter>Stylize>Wind. Pada bagian Methode pilih Stagger, dan pada bagian Direction pilih From the Right.

STEP 4
Jika sudah, pada menu bar pilih Image>Image Rotation>90 CW. Kemudian ulangi untuk memberi efek wind seperti pada STEP 3. Namun kali ini, pada bagian direction pilih From the Left. Langkah ini digunakan untuk menambah kuat kesan acak pada rumput.

STEP 5
Masih pada layer 'rumput'. Pilih Filter>Blur>Gaussian Blur, atur nilai yang terdapat pada Radius menjadi 0.5.

STEP 6
Sekarang saatnya menambahkan teks ke area kerja photoshop. Saya menggunakan logo Desain Studio dalam hal ini. Namun Anda bisa bereksperimen dengan menggunakan teks lain.

STEP 7
Pilih layer Desain Studio, kemudian pilih Filter>Noise>Add Noise. Atur nilai pada Amount menjadi 15 %. Pada bagian Distribution pilih Gaussian dan conteng check list pada Monochromatic.

STEP 8
Pilih layer Desain Studio, kemudian pada bagian bawah layer palette klik pada icon Fx dan pilih Inner Shadow.

STEP 9
Atur nilai yang terdapat pada Inner Shadow seperti pada gambar di bawah ini. Jika sudah, klik tombol OK.

STEP 10
Tambah sebuah layer lagi dan beri nama 'garis'. Buat sebuah garis menggunakan Rectangle Tool lalu isi dengan warna putih. Untuk layer ini, terapkan hal yang sama seperti pada layer desain studio seperti menambah Noise dan Inner Shadow. Untuk Inner Shadow, cukup klik kanan layer Desain Studio lalu pilih copy layer style. Kemudian klik kanan pada layer garis lalu pilih Paste layer style. Ini adalah cara cepat untuk membuat layer garis memiliki layer style yang sama dengan layer desain studio.

STEP 11
Buat layer baru dan beri nama dengan 'Debu'. Pastikan warna foreground dan background photoshop Anda adalah coklat muda dan hitam, kemudian pilih Filter>Render>Cloud.

STEP 12
Masih pada layer 'Debu', pilih Filter>Noise>Add Noise. Atur nilai Amount sebesar 10 %. Untuk Distribution pilih Gaussian, lalu contek tanda checklist pada Monochromatic.

STEP 13
Pada layer palette, klik pada icon Add Layer Mask di bagian bawah. Maka akan muncul sebuah thumbnail berwarna putih di layer 'Debu'.

STEP 14
Kita akan menggunakan Grunge Brushes untuk tahap ini, Anda bisa mendownload Grunge Brushes disini. Pilih Thumbnail layer mask pada layer debu, kemudian pilih Brushes Tool (B), pada brushes tool control dibagian atas, klik tanda panah kecil disudut kanan atas lalu pilih Load Brushes, kemudian browse brushes yang telah didownload tadi.

STEP 15
Sebelum mulai menyapukan grunge brushes ke layer debu, pastikan warna foreground dan background adalah hitam dan putih dengan menekan tombol D di keyboard (hitam berarti tidak kelihatan dan putih berarti kelihatan).

STEP 16
Mulai sapukan grunge brushes perlahan ke layer mask di layer debu. Atur opacitybrushes tool sebesar 50 %. Dalam tahap ini, Anda diharuskan bereksperimen menggunakan grunge brushes secara acak hingga menghasilkan gambar seperti dibawah ini.

STEP 17
Langkah terakhir, kembali ke layer rumput dan pilih Filter>Render>Lighting Effect. Posisikan pencahayaan seperti pada gambar dibawah ini. Jika sudah, klik ok untuk keluar dari jendela Lighting Effect.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar